lakukan seperti pada gambar dan klik OK, lalu anda akan diminta untuk memberi nama pada file yang akan anda buat, berilah nama dan tambahkan ekstensi .cpp. seperti pada gambar di bawah ini:
lalu akan muncul codingan dev c++ lalu masukkan codingan berikut ini pada tempatnya jangan sampai salah tempat ya! :)
Garis Vertikal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar*/
glClearColor(10,0,0,0); /*untuk menentukan warna
garis/titik*/
glColor3f(0,1,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan*/
glColor3f(67.0f, 400.0f, 12.0f); /**/
glVertex3f(0.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk menentukan titik awal
yang digunakan*/
glColor3f(50.0f, 1.0f, 0.0f); /*untuk menentukan titik yang
digunakan*/
glVertex3f(0.56f, 0.0f, -0.78f); /*untuk menentukan titik
akhir yang digunakan*/
glEnd(); /*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
}
}
Contoh Sample:
Garis Diagonal
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix ();
/*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0);
/*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(1,0,300); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES);
/*untuk menggambar garis dari titik yang digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0);
/* untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glVertex3f(20.0,30.0,0.0);
/* untuk menentukan titik akhir yang digunakan*/
glEnd ();
/*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix (); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang
buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
}
}
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (1.0f, 0.0f, 9.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna yang
digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna
hitam*/
glPushMatrix
(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0);
/*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(20,150,0);
/*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES);
/*untuk menggambar garis dari titik yang digunakan*/
glVertex3f(0.50,70.0,123.123);
/*untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0);
/*untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glEnd
(); /*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix
(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers
(hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep
(1);
}
}
Contoh Sample:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar