Minggu, 20 Oktober 2013

Cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal di Dev C++ dengan OpenGL

Yang pertama tama anda perlukan adalah software dev c++ dan openGLnya, bisa anda cari dan download di google. Lalu jika sudah di download dan install dev c++ masukan openglnya ke dalam dev c++. lalu berikutnya anda buka dev c++nya. Klik file di toolbar dev c++ pilih new -> project maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:










lakukan seperti pada gambar dan klik OK, lalu anda akan diminta untuk memberi nama pada file yang akan anda buat, berilah nama dan tambahkan ekstensi .cpp. seperti pada gambar di bawah ini:










lalu akan muncul codingan dev c++ lalu masukkan codingan berikut ini pada tempatnya jangan sampai salah tempat ya! :)

Garis Vertikal

/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(10,0,0,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(0,1,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis dari titik yang digunakan*/
glColor3f(67.0f, 400.0f, 12.0f); /**/
glVertex3f(0.0f, 0.0f, 0.0f); /*untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glColor3f(50.0f, 1.0f, 0.0f); /*untuk menentukan titik yang digunakan*/
glVertex3f(0.56f, 0.0f, -0.78f); /*untuk menentukan titik akhir yang digunakan*/
glEnd(); /*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix(); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
 }

}

Contoh Sample:



Garis Diagonal

/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 1.0f, 0.0f, 0.0f);  /*untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix ();       /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0);  /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(1,0,300); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES);   /*untuk menggambar garis dari titik yang digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0);   /* untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glVertex3f(20.0,30.0,0.0);  /* untuk menentukan titik akhir yang digunakan*/
glEnd ();         /*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix (); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
        }
    }



Garis Horizontal

/* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (1.0f, 0.0f, 9.0f, 0.0f); /*untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA*/ 
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); /*untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam*/
glPushMatrix (); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
glClearColor(1,1,1,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glColor3f(20,150,0); /*untuk menentukan warna garis/titik*/
glBegin(GL_LINES); /*untuk menggambar garis dari titik yang digunakan*/
glVertex3f(0.50,70.0,123.123); /*untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glVertex3f(0,0,0.0); /*untuk menentukan titik awal yang digunakan*/
glEnd (); /*untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir*/
glPopMatrix (); /*Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar*/
SwapBuffers (hDC); /*digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar*/
Sleep (1);
        }
    }

Contoh Sample:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar